Sejarah Kristen Yang Berkembang Pesat di Indonesia

Agama Kristen pertama kalinya memasuki negara Indonesia saat abad ke 7 atau bisa dibilang kurang lebih sekitar tahun 645 Masehi lewat gereja timur Assyria. Gereka ini ada pada 2 tempat yaitu pada daerah pancur yang saat ini disebut sebagai daerah Deli Serdang dan juga daerah Barus yang saat ini menjadi daerah Tapanuli Tengah dimana keduanya ada pada wilayah Sumatera.

Semenjak Kristen masuk ke negara Indonesia, tercatat pula oleh buku seorang ulama yang bernama Syaikh Abu Salih Al – Armini dimana di dalam buku itu dicatat ada sejumlah gereja yang ada pada seluruh wilayah persebaran agama penganut Kristen yang ada di seluruh dunia seperti di negara Abyssia, Nubia, India, Mesir, Afrika Barat, Arab, serta Spanyol.

Tersedia lebih dari 707 gereja serta 181 monasteries. Dimana, salah satu dari gereja tersebut terletak di Indonesia. Waktu itu Indonesia masih disebut sebagai wilayah India oleh orang – orang Barat.

Gereja yang ada pertama kali di Indonesia adalah gereja Ortodoks dimana kedatangannya ditandai oleh adanya corak gereja Nestorian pada daerah Barus, Mandailing di Sumatera Utara.

Pertama kalinya Katolik Roma tiba pada negara Indonesia di tahun 1511 atau tepatnya riba di Aceh, lalu di tahun 1534 mereka sampai pada pulau Maluku dimana mereka dibawa oleh orang Portugis yang menyebarkan agama Kristen di Nusantara.

Yang membawa agama Kristen ke pulau Maluku merupakan seorang lelaki bernama Fransiscus Xaverius. Ia adalah seorang misionaris Katolik Roma sekaligus pendiri ordu Yesuit.

Diketahui bahwa Fransiskus Xaverius ini bekerja serta ditugaskan pada kepulauan Maluku demi menyebarkan agama Kristen.

Lalu di tahun 1960 saat aliran komunisme dilarang, ada banyak sekali warga Tionghoa yang berada di Indonesia yang mengaku sebagai pemeluk agama Kristen supaya mereka tetap aman serta tak melanggar aturan pemerintah.

Tetapi lama kelamaan akhirnya masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia akhirnya banyak yang memeluk agama Kristen serta bahkan menjadi agama mayoritas untuk etnis Tionghoa yang ada di Indonesia sekarang ini.

Walaupun agama tersebut adalah agama yang masih terbilang minoritas di Indonesia, tetapi agama Kristen sebenanrnya masih diterima dengan baik oleh para bangsa Indonesia serta juga menjadi salah satu bagian dari rakyat Indonesia.

Pemeluk agama Kristen di Indonesia juga punya hak yang sama dengan pemeluk agama lainnya jadi taka da perbedaan di antara agama satu dan lainnya.

Sebaran agama Kristen yang ada di Indonesia juga bisa terbilang banyak mendominasi beberapa provinsi terutama pada provinsi Sumatera Utara serta provinsi yang ada di wilayah timur Indonesia seperti Papua, NTT, Maluku, dan Sulawesi.

Hingga sekarang, agama Kristen yang ada pada negara Indonesia saat ini masih didominasi pada beberapa provinsi terutama di provinsi Sumatera Utara serta provinsi pada wilayah timur Indonesia misalnya NTT, Papua, Sulawesi, dan Maluku.

Hingga sekarang pun pemeluk agama Kristen yang ada di Indonesia masih menjadi agama dengan pemeluk terbanyak kedua setelah Islam.

Tersebarnya agama Kristen dimulai pada saat berdirinya berbagai gereja di sepanjang mediterania timur sampai dengan negeri Romawi yang diyakini menggapai wilayah timur jauh sampai ke India bahkan sampai ke Indonesia dimana waktu itu masih disebut sebagai Indoa oleh bangsa Barat.

Persebaran agama Kristen di dunia ini erat kaitannya engan diaspora yang dilakukan oleh keturunan Yahudi.

Ini disebabkan oleh pemeluk agama Kristen yang awalnya adalah pengikut dari orang Yahudi atau proselit biblical yang biasanya dipanggil dengan Kristen Yahudi.

Persebaran agama ini diyakinkan di dunia sebagai awal mula sesudah disalibnya Yesus pada sebuah kota kecil yang terletak di Yerusalem sampai Yesus kembali bangkit lalu pergi ke Surga.

Gereja awal yang dibangun sesudah 50 hari kebangkitan Yesus dari kematian di hari itu setelah hari kebangkitan Yesus yang telah berjanji bahwa ia akan membangun sebuah gereja untuk tempat ibadah.

Untuk belajar tentang kisah kehidupan Yesus yang ada pada Alkitab, dibagi jadi 2 perjanjian yaitu lama dan Baru dimana perjanjian lama berisi tentang sejarah, metode, serta pokok – pokok Theologi Perjanjian lama atau BP yang bercerita tentang kisah awal dari perjalanan itu.

Anda mungkin juga suka...