Inikah Makna Dari Lukisan Starry Night Karya Van Gogh?

Siapa yang tidak terpana dengan lukisan karya Vincent Van Gogh satu ini? Lukisan dengan nuansa biru, pemandangan indah, dan langit malam memukau membuat kita pasti ingin berlama-lama menatapnya.

Dapat dikatakan ini merupakan salah satu lukisan paling populer di dunia, karena kita dapat melihatnya di mana pun, seperti di buku, tas, mug, atau bahkan di pakaian.

Tahukah kamu apa yang menjadi inspirasi Van Gogh dalam membuat lukisan Starry Night ini? Ternyata gambar yang kamu lihat ini merupakan sudut pandang Van Gogh terhadap langit malam penuh akan bintang yang dilihatnya dari jendela kamar rumah sakitnya.

Van Gogh memang kala itu dirawat karena penyakit mental yang dideritanya. Bahkan saat itu ia tengah diisolasi karena penyakitnya membuat dirinya sampai memotong telinganya sendiri.

Lukisan Starry Night ini seperti menunjukkan pengamatan dari pandangan Vincent Van Gogh terhadap kondisi dari rumah sakit jiwa Saint-Remy-de-Provence yang kala itu ditinggalinya. Starry Night bukan merupakan satu-satunya karya Van Gogh mengenai rumah sakit jiwa itu.

Tentang lukisan yang dilukisnya itu, Van Gogh mengatakan kalau ia bisa melihat adanya sekotak gandum di dalam selungkup. Selain itu di atasnya pada pagi hari ia juga melihat matahari terbit.

Jika kita perhatikan di dalam karya Van Gogh ini, ada pohon cemara yang mejulang tinggi. Lalu pada bagian kanan ada pohon zaitun yang menuju ke langit. Ada pula perbukitan Arles di bagian belakang, dan di langit kita bisa melihat adanya ombak Alpilles yang bergelombang.

Ada banyak peneliti yang mencoba mengartikan apa makna sebenarnya dari yang ingin disampaikan oleh Van Gogh melalui lukisannya. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki penjelasan cukup realiastis mengenai posisi bintang-bintang yang ada pada Juni 1889, yaitu saat Van Gogh dirawat di rumah sakit jiwa.

Mereka menilai kalau warna hijau gelap yang menjulang tinggi ke atas sebagai gambaran Kematian dan rasa ingin bunuh diri yang tinggi dari Van Gogh. Hal ini bisa saja benar, karena Van Gogh memang merupakan seniman yang memiliki kehidupan menyedihkan karena penyakit mentalnya. Bahkan sang pelukis mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Pohon cemara yang tinggi ini juga menjadi gambaran sebagai tanda keabadian. Kita bbisa melihat pohon cemara yang menjulang tinggi ke langit, di mana fungsinya adalah untuk menjadi penghubung dari bumi dengan langit.

Para analisis menilai kalau gambaran bintang-bintang yang ada di lukisan Starry Night ini tidak berhubungan dengan galaksi bima sakti, atau hal lainnya. Pusaran yang dominan di langit ini menurut Michael Benson terinspirasi dari gambar tahun 1845 oleh seorang astronom yang bernama William Pearsons.

Jika kamu perhatikan, ada bintang pagi yang ikut digambar Van Gogh pada karyanya ini. Para peneliti menilai kalau yang dilukis oleh Van Gogh tersebut adalah planet Venus. Saat lukisan Starry Night dilukis, kala itu posisi Venus tengah berada di posisi yang sama dengan yang dilukis oleh Van Gogh.

Nah, itulah beberapa makna dari lukisan Starry Night karya Vincent Van Gogh. Saat ini lukisan asli Starry Night berada di Museum of Modern Art yang berada di New York City.

Anda mungkin juga suka...